Ini Dia Tabungan Rupiah #Cintarupiah

tabungan uang rupiah

Cinta rupiah –  Kebiasaan baik dalam mengatur keuangan selalu dimulai dengan membiasakan diri untuk menabung. Tempat menabung yang tersedia sebenarnya banyak sekali, mulai dari di bawah bantal, di celengan babi atau ayam, atau bisa juga di orang tua. Tapi itu semua cara yang sangat kuno, sekarang kan sudah ada bank yang menyediakan fasilitas untuk menabung. Jadi, sekarang, siapapun bisa menabung dengan aman dan mandiri, karena tidak bergantung pada orang lain.

Ketika hendak membuka tabungan di bank, maka Anda akan diperhadapkan pada berbagai pilihan jenis tabungan yang tersedia di bank. Banyaknya jenis tabungan ini bisa membuat Anda bingung dalam memilih. Perlu diingat bahwa Anda harus memilih dengan cermat tentang hal ini. Oleh karena itu, kenali 7 jenis tabungan yang tersedia di Indonesia agar tidak salah pilih.

1. Tabungan Konvesional
Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang paling sangat umum. Sepertinya hampir semua orang pasti memiliki tabungan jenis ini, karena memang tabungan konvensional adalah jenis yang paling dikenal di masyarakat. Ciri utama dari tabungan konvensional adalah nasabah akan memiliki control penuh terhadap tabungannya. Pengambilan uang bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada batas waktu setoran. Semuanya ada dibawah kendali Anda melalui sebuah kartu sederhana yang namanya kartu ATM. Selain itu, biasanya bank akan memberikan buku tabungan kepada pemilik tabungan konvensional.

Setiap bank memiliki besaran biaya administrasi yang berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank. Selain itu, uang yang Anda tabungkan disini tidak akan hilang karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) apabila bank bangkrut. Jadi, keunggulan dari tabungan ini adalah Anda memegang kendali penuh dan keamanan uang Anda terjamin.

2. Tabungan Haji
Sesuai dengan namanya, tabungan ini diperuntukkan bagi nasabah yang berniat untuk pergi Umroh. Biasanya tabungan ini memang digunakan untuk orang yang ingin kepergiannya untuk Umroh lebih terjamin. Dengan menggunakan tabungan Haji, biasanya Anda sudah dipastikan mendapat kuota untuk Umroh, jadi tabungan ini hanya digunakan untuk menabung dana untuk biaya ongkos Haji saja. Biaya ini berbeda-beda setiap tahunnya tergantung hasil pemikiran dari Departemen Agama. Jika Anda adalah nasabah tabungan Haji, maka setiap bulannya Anda harus menyetorkan sejumlah uang. Besaran setoran bulanannya diatur oleh Anda sendiri, pokoknya semakin cepat Anda mencapai biaya ongkos Haji tahunan yang sudah ditentukan, maka akan semakin cepat juga Anda akan pergi Umroh. Nasabah yang bisa pergi Umroh adalah nasabah yang sudah melunasi atau mencapai biaya ongkos Haji tersebut. Jadi semakin besar setoran bulanannya, maka semakin cepat Anda akan pergi Umroh.

3. Tabungan Anak
Menabung sejak dini adalah hal yang penting untuk dilakukan, karena prilaku baik ini harus dimulai dari kebiasaan. Oleh karena itulah jenis tabungan ini hadir. Tabungan anak, seperti namanya, hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Kebiasaan menabung yang dilakukan anak kecil adalah di celengan atau di orang tua. Dengan membuka tabungan anak, maka sang anak akan menjadi lebih mandiri dan diajak untuk lebih terdorong dalam hal menabung.

Tabungan anak memiliki beberapa keringanan dalam hal pembiayaan. Bank memberikan peraturan setoran awal yang lebih ringan, setoran minimum bulanan yang kecil, dan potongan biaya administrasi yang sedikit. Keringanan di atas diberikan untuk meningkatkan minat sang anak untuk menabung dan melihat keuntungan dari menabung. Selain itu, terdapat bank yang memberikan kartu ATM atas nama anak agar memberikan kesan bangga pada diri anak tersebut dan jadi giat menabung. Tabungan ini sangat cocok untuk Anda ysang ingin mengajarkan pentingnya menabung kepada anak Anda.

Itulah beberapa jenis tabungan di Indonesia

 

foto solopos

(Visited 64 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *