Apa itu Pipa Valve dan Aneka Jenisnya

valve brebes

Valve mungkin bagi orang awam jarang digunakan, tapi berbeda untuk industri migas. Valve atau katup ini sangat penting dalam industri migas. Dari alat ini kita dapat mengatur aliran fluida (zat cair, gas, padat ataupun mix) dan disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, diartikel kali ini kita akan membahas apa itu valve dan jenisnya.

Valve sendiri dikenal sebagai katup yang berguna untuk mengatur aliran fluida baik besar dan kecilnya, mengatur rendah dan tingginya level, sampai mengatur tekanan dan juga temperatur. Pada industri migas perannya sangatlah penting apalagi jika sudah berhubungan dengan tekanan, jumlah volume dan temperatur dari aliran fluida sendiri.

jenis pipa valve

Nah untuk mengenal dekat, kita akan mulai membahas jenis-jenis valve yang biasa digunakan di industri migas dan sejenisnya. Berikut jenis valve yang paling umum digunakan:

  1. Butterfly valve, digunakan untuk mengatur pergerakan laju cairan dalam pipa baik gas ataupun air dan memiliki tekanan yang tinggi ataupun relatif kental.
  2. Check valve, untuk jenis ini juga terdiri dari berbagai tipe seperti: dual plate check valve, Y strainer, wafer check valve, gate valve, ball valve, lift swing check valve dll. Untuk tipe swing check valve biasanya dirancang menggantung keatas karena memiliki ukuran yang sama dengan pipa. Cara kerja valve tipe ini adalah ketika aliran masuk maka disc akan terbuka dan disc akan tertutup ketika aliran berbalik.
  3. Globe valve, untuk tipe ini lebih banyak digunakan disaluran air dan memiliki fungsi utama untuk menahan terjadinya kebocoran.
  4. Gate valve, tipe ini memiliki fungsi membuka dan menutup seperti sebuah gerbang yang mengatur air atau gas yang masuk. Tipe valve ini banyak digunakan di dam/bendungan, waduk, hingga digunakan dialiran air pada gorong-gorong.
  5. Ball valve, sesuai dengan namanya valve jenis ini memiliki bentuk seperti bola setengah lingkaran. Terletak didalam pipa dan terhubung dengan poros putar yang digunakan untuk mengatur keluar masuknya aliran fluida yang sedang berjalan. Selain itu ball valve dapat juga digunakan untuk menahan atau menghentikan aliran fluida yang berjalan. Tentunya bahan yang digunakan adalah terbuat dari bahan yang tahan korosi dan kuat.

Dari banyaknya jenis valve yang kita temui, Anda mungkin membutuhkan valve untuk kebutuhan bisnis/perusahaan/pabrik bahkan proyek tertentu. Nah, kami dari tim Bisnis Brebes akan merekomendasikan salah satu provider yang sudah berpengalaman dalam pengadaan valve aneka jenis. Tentunya Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim ahli dari perusahaan ini dalam penerapan dan pemilihan alat yang tepat.

Salah satu provider yang menyediakan aneka jenis valve pipa adalah Alvindo Catur Sentosa (ACS). Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini memang fokus menjadi pemasok kebutuhan untuk industri minyak dan gas. Dan produk yang Anda dapatkan dijamin berkualitas dengan merk lainnya. Selain valve, perusahaan ACS juga menyediakan aneka kebutuhan industri migas seperti:

  • forged fitting
  • gasket
  • flange
  • Buttweld fitting
  • dan produk lainnya

Nah jika Anda membutuhkan valve pipa Brebes bisa langsung menghubungi perusahaan Alvindo Catur Sentosa. Untuk warehouse sendiri ACS sudah memiliki 2 tempat yaitu di Jakarta dan Medan. Sedangkan untuk kantor sendiri beralamat di Ruko Garden Shopping Arcade Madison Park Blok B09 Jalan Podomoro Avenue, Grogol Petamburan – Jakarta Barat 11470. Untuk konsultasi Anda dapat menghubungi tim ACS di telp (021) 21192699 ext 211 atau nomor whatsapp di 0812-1887-1252.

Pastikan kebutuhan pipa valve Anda bersama Alvindo Catur Sentosa.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *