Pesona Alam Ranto Canyon, Surganya Brebes

wisata alam brebes

Pesona Alam Ranto Canyon, Surganya Brebes – Ranto Canyon berada di daerah Salem, Brebes yang menawarkan pesona alam tersembunyi yang indah.  Tempat ini masih terbilang baru, bahkan bagi orang-orang yang berada di daerah brebes sendiri. Pengelolaan wisata yang terbilang baru ini sudah bagus, dikelola langsung oleh warga sekitar.

Ranto Canyon yang biasa disebut Leuwih Ranto oleh warga, awalnya merupakan sungai yang terletak di bawah tebing-tebing terjal yang mengapit air terjun karena kontur alamnya menyerupai dengan Grand Canyon Amerika, maka munculah nama Ranto Canyon untuk kawasan tersebut. Saat memasuki Ranto Canyon, wisatawan akan disambut sejuknya hawa pegunungan dan pemandangan indah di antara tebing yang yang membuat kita berdecak kagum.

Ranto Canyon merupakan obyek wisata yang menawarkan sensasi alam yang begitu indah. Bebatuan dan air terjun yang bergemercik bak tirai hujan. Di sini kamu bisa bermain air sepuasnya sampai penat dan letihmu hilang. Seperti Grand Canyon, pun asik untuk olahraga arum jeram atau rafting. Buat para wisatawan atau warga Brebes dan sekitar yang menyukai olahraga arum jeram, tempat ini bisa menjadi pilihan. Wisatawan yang ingin mencoba menelusuri wisata air ini cukup membayar pemandu wisata sebesar Rp 30.000 per orang termasuk sewa helm dan pelampung.

Untuk menuju lokasi wisata Ranto Canyon melalui perjalanan Jakarta via Pantura bisa menggunakan bus malam jurusan purwokerto via pantura. Tapi harus turun terlebih dahulu di terminal Bumiayu. Butuh waktu 8 hingga 9 jam untuk menuju Bumiayu dari Jakarta. Setelah sampai di terminal Bumiayu silahkan cari bis kecil jurusan ke Salem dengan ongkos Rp 20.000 setelah sampai, silahkan naik ojek menuju Ranto Canyon.

Jika perjalanan Jakarta menuju Brebes via Selatan bisa menggunakan bus via jalur Selatan gunakan bus Sinar Jaya jurusan Cilacap atau karang pucung Rp 80.000 Silahkan turun di desa Cilopadang (1 km dari kota Majenang). Setelah samoai di Cilopadang bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek degan biaya sekitar Rp 50.000 hingga 70.000 jarak tempuh sekitar 1 jam.

Untuk warga sekitar Brebes, ini adalah alternatif wisata yang Bisnis Brebes rekomendasikan, perpaduan alam, udara sejak, air terjun dan tentunya recomended untuk diupload di instagram. So, kapan berkunjung update instagram ? Baca juga Enaknya telur asin khas brebes .

 

foto tribunnews

(Visited 80 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *