Bentuk Ekspresi #CintaRupiah Melalui Lagu

lagu anak anak

Cinta Rupiah – Aku cinta rupiah, biar dolar di mana-mana
Aku suka rupiah, karena aku aku anak Indonesia
Mau beli baju, pakai rupiah
Jajannya juga pakai rupiah
Mau beli buku, buku sekolah
Karena ku sayang ya rupiah

Waduh, bacanya sambil nyanyi gitu.. ketahuan nih kids zaman old lagi nostalgia lagu-lagu zaman dulu haha. Buat yang belum tahu di atas sajak apa, tenang itu bukan puisi kok tapi lirik lagu anak-anak yang berjudul aku cinta rupiah yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik (pada masanya) Cindy Cenora. Sekarang doi udah tumbuh dewasa nih sekitar umur 26 tahun (wah ternyata doi lebih tua dibanding penulis, pantes penulis gak tahu lagu ini haha). Tapi ngomong-ngomong nih, lagu ini katanya booming banget dikalangan anak-anak tahun 1998-an loh. Ya iyalah anak zaman dulu kan punya idola dan lirik lagu yang seumuran. Gak kaya sekarang yang lirik lagunya udah mulai cinta-cintaan. Mungkin ini kali ya, salah satu penyebab anak zaman sekarang “terlihat” lebih dewasa dari umur yang sebenarnya.

Kalau dianalisis dari liriknya, lagu ini secara tidak langsung bertujuan untuk mengedukasi anak-anak pada zamannya agar mencintai rupiah dengan cara menggunakannya untuk membeli pelbagai macam kebutuhan. Bahkan pada lirik awalnya –Aku cinta rupiah, biar dolar di mana-mana– secara tersirat menunjukan bahwa seharusnya sebagai warga negara yang baik tetap menggunakan rupiah walaupun sirkulasi dan penggunaan dolar ada di berbagai penjuru dunia.

Jika dianalisis lebih lanjut, satu lirik ini ternyata memiliki arti yang cukup dalam. Bukan berarti saat kita berada di luar negeri lantas kita tetap menggunakan rupiah sebagai alat transaksi. Tetapi lebih menyindir pada warga negara yang bertransaksi menggunakan mata uang asing di dalam negeri. Misalnya saja transaksi di perbatasan negara dan bahkan dulu sempat ada pembayaran apartement di wilayah NKRI yang mengharuskan pembayarannya dengan menggunakan dolar. Walaupun pada akhirnya ada peraturan yang mewajibkan penggunaan rupiah yang mengatur tentang kasus apartement tersebut.

Sistem edukasi dengan menggunakan lagu memang dirasa perlu, terlebih untuk anak-anak. Maka tentunya akan lebih baik jika lagu-lagu edukasi seperti ini dapat diaransemen ulang untuk hiburan dan edukasi anak-anak di masa sekarang.

 

foto dhanupurwito

(Visited 164 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *