Uniknya Cita Rasa Sate Blengong Khas Brebes

sate blengong brebes

Uniknya cita rasa sate blengong khas brebes – Jika membahas Brebes pasti identik dengan telur asin dan bawang merahnya. tidak akan susah mendapatkan telur asin yang enak dan bawang merah yang berkualitas di daerah Brebes. Nah, kali ini kita akan mengulik kuliner unik yaitu sate blengong yang tersohor. 

Selain itu, Brebes juga menyimpan beragam jenis kuliner yang menggiurkan dan memiliki cita rasa yang unik-unik. Salah satu kuliner Brebes yang memiliki cita rasa yang unik adalah sate blengong. Sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di lidah orang Brebes atau yang pernah mencoba sate blengong langsung di alun-alun sambil menikmati sore hari. Bagi yang belum tahu, blengong adalah sejenis unggas hasil persilangan antara bebek dengan mentok atau endok. Dagingnya tentu mirip dengan bebek, hanya saja lebih tidak amis. Teksturnya cenderung lebih liat dari daging ayam, namun rasanya gurih. Sate blengong ini rendah lemak, jadi bagi yang memiliki masalah kolesterol tidak usah terlalu khawatir.

Sate blengong diolah dengan cara yang berbeda dengan sate pada umumnya yang sekedar dibakar dan dipadu dengan bumbu kacang atau kecap. Disini daging blengon dimasak dulu dalam kuah bersantan dengan bumbu rempah yang cukup kuat, mirip dengan kuah rica atau gulai pedas yang biasa dijumpai dalam lontong sayur Padang. Rasa kuahnya pedas dan ada sensasi hangat pada tubuh saat mencicipinya, mungkin karena merica atau rempah lainnya. Pedasnya tidak terlalu kuat sehingga relatif aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang tidak telalu suka pedas. Daging blengong yang telah dipotong-potong lantas ditusuk ke lidi bambu berukuran panjang. Ukuran sate yang lebih panjang dari sate biasa juga menjadi ciri khas sate blengong

Pembeli bisa memilih berapa banyak sate yang diinginkan. Umumnya dua atau tiga tusuk sate saja sudah cukup karena ukurannya yang panjang dan disajikan beserta kuah pedasnya. Saat menyantapnya, kuah ini bisa disiramkan pada sate agar bumbunya lebih terasa. Satu hal yang unik adalah pendampingnya. Sate blengong biasa juga disajikan dengan lontong atau ketupat yang disiram dengan kuah santan yang gurih. Jika ingin rasa yang lebih pedas, kuah sate bisa disiramkan sedikit ke ketupat. Sebagai penyempurna, teh poci gula Jawa yang tersaji hangat pun wajib menjadi teman bersantap sate blengong. (baca juga Aneka makanan khas Brebes)

Di Brebes, kuliner ini lebih banyak dijajakan pada malam hari. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk mencicipi sate yang spesial ini. Salah satu yang cukup strategis dan mudah ditemukan adalah di Alun-alun, dekat dengan masjid Jami’ Kauman. Disana banyak warung tenda yang menjajakan sate blengong. Tinggal Pilih saja yang mau dicoba.

 

foto flickr

(Visited 125 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *