5 Larangan Terkait Rupiah yang Perlu Diketahui Masyarakat #CintaRupiah

cinta rupiah

Cinta Rupiah – Rupiah, merupakan salah satu lambang negara yang membanggakan. Salah satu nilai kedaulatan dan kebanggan negara Indonesia ada pada mata uang dalam menggunakan Rupiah. Menggunakan rupiah sebagai alat tukar tentu akan berdampak naiknya kepercayaan global pada nilai rupiah.

Coba kita bayangkan bila seluruh masyarakat menggunakan segala bentuk perekonomian dengan rupiah. Perputaran rupiah menjadi lebih baik. Tentu nilai tukar rupiah pun akan semakin menguat. Banyak negara-negara asing yang melirik untuk bekerja sama dengan Indonesia karena ditopang dari kestabilan tingkat perekonomian.

Saat rupiah beredar luas di kalangan masyarakat, menjaga secara fisik nilai dari setiap rupiah, menjadi tanggung jawab kita, masyarakat Indonesia. Karena bentuk lain dari membela negara sebetulnya tidak hanya mengangkat bambu runcing atau senjata untuk mengusir penjajah. Namun dengan menjaga dan merawat rupiah untuk tidak rusak pun tak terpisahkan dalam bentuk membela negara.

Ada 5 jangan yang dikenalkan pemerintah tak kala mengkampanyekan gerakan cinta rupiah ini, yaitu :
1. Jangan dicorat-coret
2. Jangan distraples/dijepit
3. Jangan dibasahi
4. Jangan diremas
5. Jangan dilipat

Saat kita melakukan transaksi dan menemukan tulisan yang dicorat-coret hingga kertas yang dilipat, disarankan oleh Bank Indonesia untuk tidak melipat uang kertas dan seterusnya. Karena, hal tersebut bisa memperpendek usia uang kertas dan dapat merusak hologram pada uang kertas.

Pernahkah Anda menemukan uang kertas yang sudah sangat lusuh, lecek dan banyak corat-coretnya? Apa yang Anda rasakan saat menerima uang kertas seperti itu? Sedih dan miris bukan? Ada rasa malu dan tidak enak saat menggunakan uang yang sudah sangat lusuh, lecek dan banyak coretan. Bahkan bisa saja ingin segera mempergunakan uang itu agar bisa berpindah tangan ke orang lain. Bagaimana saat Anda menerima uang kertas dalam kondisi masih baik, tak ada coretan sama sekali? Berapapun nominalnya tentu memegangnya saja akan menjaga dengan baik bukan?

Menjaga uang kertas untuk tidak rusak, tak ada bekas lipatan serta tidak basah, tentu kita akan semakin menjaganya dengan baik. Mempergunakannya pun tak ada rasa malu sama sekali. Karena itu bagian dari kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia, yang menjaga mata uang sendiri dengan baik.

 

 

foto imgmr

(Visited 111 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *