Batik Salem Asli Brebes Jawa Tengah

batik salem khas brebes

Di Artikel yang lainnya saya sudah menceritakan Keindahan Tempat Wisata di Brebes dan juga Makanan Khas Brebes. Ternyata, selain menawarkan Eksotisme Keindahan alamnya, Brebes juga memiliki Kekayaan Budaya di Indonesia yang Khas, yaitu Batik. Oleh karena itu di Artikel kali ini saya akan membahas tentang Batik Salem Asli Brebes Jawa Tengah.

Batik Salem atau Masyarakat Brebes menyebutnya motif Batik Brebesan merupakan salah satu Kekayaan budaya asal Kabupaten Brebes, dan telah menjadi Komoditas Ekonomi untuk Warga Desa Bentar dan Bentarsari Kecamatan Salem.

Salem yang berada di Kecamatan Paling barat di Brebes ini, ternyata memiliki sejumlah kerajinan warga lokal, yaitu Batik salem, Keramik, anyaman daun pandan, kerajinan Kayu, kerajinan besi dan lainnya. Desa Bentar salah satunya, Desa yang terdapat di wilayah Salem, saat ini sudah dikenal dengan sentra batik tulisnya. Di daerah tersebut saja sudah ada minimal 200 pengrajin batik.

Mungkin nama batik Salem ini belum sepopuler batik Solo, Yogyakarta ataupun pekalongan, karena produksi Batik disini pun masih hanya sebatas Industri Rumah Tangga. Namun Batik yang merupakan buatan asli Masyarakat Desa Bentar dan Bentarsari, Kecamatan Salem, Brebes ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Pengrajin Batik di daerah manapun.

Menurut sejarah, Keberadaan Batik Brebesan atau Batik Salem ini muncul sekitar abad 19, tepatnya pada tahun 1917. Menurut dari beberapa sumber, Batik Salem atau Batik Brebesan ini memiliki sebuah kisah, yaitu berawal dari kedatangan seorang Putri pejabat Pekalongan yang datang ke kawasan Salem, Brebes. Dan setelah itu sang putri Jatuh cinta kepada seorang Pemuda di daerah Salem yang akhirnya menikah, dan sang putri pun menetap di Desa Bentar.

Dari Kisah ini, akhirnya keberadaan dari Batik Brebesan atau Batik Salem ini mulai menyebar ke desa tetangga, salah satunya Desa Bentarsari. Saat ini Batik salem ini telah memunculkan berbagai motif, yaitu motif kopi pecah, manggar dan ukel, dengan ciri khas warna hitam putih.

Sampai saat ini batik salem ini telah menembus pasar nasional, namun sudah terdapat tawaran Pameran di Jepang untuk menampilkan Produk-produk brebes salah satunya Batik Salem atau batik Brebesan ini.

So.. sebagai warga Indonesia kita semakin berbangga hati dengan keberadaan budaya yang semakin dikenal di seluruh indonesia sampai keluar Indonesia. Salah satunya adalah dari Batik yang berasal dari Brebes ini, yaitu Batik Salem.

(Visited 495 times, 1 visits today)

2 Comments

    1. terimakasih semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *