Eksotika Pulau Derawan dalam Rupiah #CintaRupiah

Eksotika Pulau Derawan dalam Rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah –  Kalau Anda perhatikan dengan saksama, pada bagian belakang uang kertas Rp20.000,00 NKRI, terdapat gambar pemandangan sebuah obyek wisata yang menarik perhatian masyarakat Indonesia karena kurang dikenal dan jarang diekspos oleh media. Nama obyek wisata tersebut adalah Pulau Derawan, terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan timur. Pulau ini telah menjadi andalan wisata bahari masyarakat Kabupaten Berau sejak lama.

Mengenal Derawan Lebih Dekat

Berkat gambar Kepulauan Derawan di bagian belakang uang pecahan dua puluh ribu rupiah tahun 2016, kini Derawan menjadi terkenal dan banyak diserbu oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara sehingga berdampak pada peningkatan pariwisata Kabupaten Berau. Selain Pulau Derawan, masih banyak pulau-pulau lain yang tidak kalah indahnya, seperti Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki.

Inilah saatnya bagi pihak Disbudpar Berau untuk lebih meningkatkan berbagai fasilitas serta sarana dan prasarana di bidang pariwisata, sehingga para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Kesempatan ini juga harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui berbagai usaha kreatif seperti membuat berbagai kerajinan tangan khas daerah Kabupaten Berau dan lain-lain.

Alasan pemerintah Mencantumkan Pulau Derawan

Menurut pihak Bank Indonesia yang mewakili pemerintah, banyak alasan mencantumkan gambar Pulau Derawan di uang rupiah baru tersebut, salah satunya karena pemerintah ingin menggenjot bidang pariwisata untuk mendongrak perekonomian daerah maupun nasional, serta tidak ingin lagi menggerus kekayaan alam melalui eksplorasi SDA yang kian menipis melalui bidang pertambangan.

Sungguh indonesia menyimpan banyak pesona alam yang masih murni dan tersembunyi dari dunia luar. Kepulauan Derawan hanya salah satu yang kini telah terungkap keberadaannya. Masih banyak ribuan pulau-pulau lain di seluruh nusantara yang mungkin akan mengikuti jejak Derawan, mejeng di lembaran uang rupiah.

Bila tertarik ingin berlibur ke Pulau Derawan untuk melihat keindahan pantainya yang bersih, menyaksikan sunset, snorkelling, diving, atau melihat penyu, ada baiknya bila Anda mempersiapkan diri menabung mulai dari sekarang.

Bagaimana, jadi semakin cinta dengan rupiah, bukan?

 

foto wisatabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *