Ini Dia Fakta Tersembunyi Pada Uang Rupiah #Cintarupiah

fakta uang rupiah

Cinta rupiah –  Setiap orang di Indonesia, rasanya tidak asing lagi dengan yang namanya rupiah. Alat tukar di negara ini sudah mengalami beberapa kali perubahan, dan peningkatan dalam sistem keamanan. Namun, tahukah anda bahwa banyak fakta-fakta yang tersimpan di balik rupiah? Apa saja fakta-fakta tersebut? Mari kita simak 7 fakta tersembunyi di balik rupiah.

1. Bahan Uang Kertas Tidak Selalu Dari Kertas
Namanya mungkin uang kertas, namun bukan berarti bahannya selalu dari kertas. Pada uang kertas rupiah, agar lebih tahan lama dan juga kuat biasanya bahan dasar untuk membuat uang kertas di tambahkan serat kapas da nada juga yang di tambahlan dengan bahan polimer.]

2. Mempunyai Desain Tercantik
Pada uang dengan nominal Rp.10000,- tahun emisi 1975 pernah mendapatkan predikat tercantik karena uang ini menggambarkan wisata terkenal di Indonesia yaitu candi Borobudur yang juga pernah di catat sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Kita juga dapat melihat bahwa desain-desain pada uang rupiah di Indonesia mempuyai banyak perbedaan dan menampilkan begitu banyak kebudayaan yang terdapat di Indonesia. Maka hal yang bisa kita banggakan saat uang rupiah bisa menjadi salah satu dari uang tercantik pada masanya.

3.Penggunaan Rupiah Resmi Bukan di Tahun 1945
Indonesia memang merdeka pada tahun 1945, namun itu bukan berarti rupiah langsung di gunakan saat itu juga secara resmi. Rupiah resmi di gunakan pada tanggal 2 November 1949 bukan dengan nama rupiah namun ORI atau Oeang Repoeblik Indonesia. Namun sebenarnya pada masa penjajahan Jepang, rupiah pernah di gunakan, hanya saja belum secara resmi.

4. Di Gunakan Di Negara Lain
Selain di Indonesia ternyata ada negara lain juga yang menggunakan uang rupiah, namun memang secara resmi hanya Indonesia yang menggunakan rupiah, beda halnya secara de facto, yaitu Timor Leste yang juga menggunakan rupiah yang juga menggunakan centavo dan dollar.

Itulah beberapa fakta yang tersimpan di balik uang rupiah di Indonesia. Semoga setelah kita mengetahuinya, semakin tumbuh cinta kita pada rupiah.

 

foto fact dot com

(Visited 42 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *