Menimba Ilmu di Boarding School Al Ma’soem

Menimba Ilmu di Boarding School Al Ma’soem

Boarding School – Apa sih Boarding School itu? Mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa itu Boarding School, walaupun kata-kata itu saat ini sedang banyak digaung-gaungkan di media massa sehingga memancing rasa penasaran.

Setelah gugling ke sana ke mari, dapat disimpulkan bahwa Boarding School itu merupakan sekolah yang mengadopsi sistem asrama yang mana para guru dan pengelola sekolah tinggal di lingkungan yang sama dengan siswa dalam kurun waktu tertentu, misalnya selama satu semester dan diselingi dengan libur sekolah selama satu bulan sampai siswa menamatkan pendidikannya di sekolah tersebut.

Perbedaan antara Boarding School dengan sekolah umum yaitu, kalau di Boarding School jumlah kelas cenderung sedikit dibandingkan dengan sekolah umum. Hal ini bertujuan agar para guru/pengajar dapat mengetahui karakter siswanya dan dapat melakukan pendekatan. Kemudian perbedaan lain yaitu, di Boarding School kegiatan alahraga atau kesenian tidak termasuk dalam kegiatan ekstrakurikuler, melainkan sudah mencakup mata pelajaran secara keseluruhan.

Yayasan Al Ma’soem Bandung merupakan salah satu sekolah islam yang menerapkan sistem Boarding School yang memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kegiatan para siswa dan meningkatkan kemampuan di bidang akademis maupun non akademis.

Fasilitas yang ada di Boarding school Al Ma’soem :
1.Laboratorium
Sekolah Al Ma’soem Bandung memiliki laboratorium bahasa dan komputer yang cukup lengkap. Untuk laboratorium komputer, telah tersedia hotspot area dan akses internet yang memadai, dan setiap siswa mendapat satu buah unit komputer.

2.Ruang belajar
Sekolah ini memiliki ruang belajar yang luas dengan AC, LCD, juga laptop untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar.

3.Sarana olahraga dan kesenian
Sekolah Al Ma’soem menyediakan banyak sarana olahraga untuk para siswa dalam menyalurkan hobi dan bakatnya. Di Al Ma’soem ada lapangan futsal mini, kolam renang putra dan putri, lapangan basket, lapangan volli, lapangan bulutangkis, dan berbagai cabang beladiri seperti Taekwondo, dan karate dengan bimbingan dari para instruktur profesional.

4.Masjid
Selain digunakan untuk menjalankan ibadah salat berjamaah, berbagai kegiatan para siswa dapat dilakukan di masjid ini seperti Tabligh Akbar, pengajian, dan belajar membaca Al-quran.

5.Poliklinik
Poliklinik ini merupakan sarana kesehatan yang dapat membantu dalam mengatasi gangguan kesehatan para siswa. Orang tua tidak perlu khawatir apabila siswa sakit karena dapat langsung ditangani oleh petugas kesehatan yang bertugas di poliklinik ini.

Selain fasilitas di atas, Boarding school Al Ma’soem juga memiliki perpustakaan dengan ribuan buku, koran dan majalah bulanan yang tersedia untuk menunjang minat baca, dan juga sebagai sarana informasi mengenai dunia luar bagi para siswa.

Boarding School Al Ma’soem juga tidak memperbolehkan adanya hukuman fisik terhadap siswa apabila siswa melakukan kesalahan. Hukuman yang diberikan hanya berupa poin yang berfungsi sebagai pengingat agar para siswa lebih disiplin dalam menjalankan peraturan sekolah. Poin tersebut akan ditambahkan setiap kali siswa melakukan kesalahan, dan apabila poinnya telah mencapai angka 250, maka siswa tersebut akan dikeluarkan dari sekolah. Bentuk hukuman berupa poin ini lebih efektif karena siswa dapat bertanggung jawab atas semua tindakannya. Pada setiap semester poin akan dihapus.

Sedangkan bagi siswa berprestasi akan diberikan beasiswa sebagai bentuk penghargaan, agar para siswa lebih semangat dalam belajar. Sistem sekolah Boarding School sangat baik diterapkan untuk membantu orang tua dalam melindungi anaknya dari pergaulan buruk. Boarding School memberikan lingkungan yang positif dengan teman sebaya dan guru yang siap membimbing dan mendampingi kegiatan para siswa.

Info detail klik https://www.almasoem.sch.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *