Si Kecil yang Bernilai Besar #CintaRupiah

aku cinta rupiah

CintaRupiah –  Pernahkah kita berpikir tentang bagaimana caranya membela negara sebagai bagian dari warga negara yang baik? Apa yang dapat kita lakukan sebagai anak bangsa? Sebagai kaum muda, ibu rumah tangga atau profesi lainnya?

Sebetulnya, banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai anak bangsa, apapun profesinya. Tak harus menunggu menjadi orang besar untuk bisa membela negara sendiri. Salah satu contoh hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menghargai rupiah sebagai nilai tukar kita. Menggunakan rupiah sebagai alat tukar saat bertransaksi, merupakan bagian dari kita menghargai dan membela jati diri sebagai warga negara. Mengapa demikian? Karena semakin sering kita bertransaksi mengunakan rupiah sebagai alat tukar, perputaran uang di negara kita akan semakin menguat. Berakibat menaikkan nilai rupiah di mata dunia. Karena uang yang digunakan untuk bertransaksi itu menggunakan mata uang yang sama di satu negara.

Bisa dibayangkan kalau tak hanya saat bertransaksi saja kita menggunakan rupiah, saat menabung, pergi wisata ke kota-kota lain yang ada di Indonesia, sekalipun ke kota perbatasan. Kita tetap menggunakan mata uang rupiah sebagai alat tukar bertransaksi. Bila kita melakukan gerakan ini bersama, bukan tidak mungkin, nilai rupiah di mata dunia bisa diperhitungkan. Menggunakan rupiah sebagai alat tukar bertransaksi juga merupakan bagian dari membela bangsa. Mencintai negara melalui sikap kita mempergunakan uang itu sendiri dalam keseharian.

Termasuk penggunaan uang koin loh, si kecil ini bernilai besar bila kita sering mengumpulkannya. Mungkin saat terjadi uang kembalian dari transaksi jual beli, uang koin adalah hal yang paling sering kita temui. Saat ini, nilai transaksi uang koin terbesar adalah pecahan seribu rupiah keluaran atau tahun emisi 2010.

Pernahkan Anda mengetahui kisah seorang bapak yang membeli motor, tunai, menggunakan uang pecahan seribu rupiah? Butuh lima tahun bagi bapak itu untuk menabung dan mengumpulkannya hingga 33 juta, seharga motor impian. Dan butuh dua hari bagi pegawai dealer motor untuk menghitung uang tersebut. Kecil namun besar harganya bila kita mau menghargainya dengan hati. Bagian dari kebanggaan terhadap rupiah.

 

foto indo tourism

(Visited 71 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *